UMM

Universitas Muhammadiyah Malang ditemukan pada tahun 1964 dan diprakarsai oleh sosok Kepemimpinan Muhammadiyah di Malang.
Pada awalnya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berafiliasi dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akta Notaris R.Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No 71 pada tanggal 19 Juni 1963.

Pada saat itu Universitas Muhammadiyah Malang memiliki tiga fakultas: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang termasuk Departemen Pendidikan Islam.
Ketiga fakultas memperoleh status terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, pada tahun 1966 dengan Keputusan Nomor 68/B-Swt/p/1966 tanggal 30 Desember 1966.

Pada tanggal 1 Juli 1968 Universitas Muhammadiyah Malang resmi terpisah dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).
Manajemen dipisahkan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang dengan Akta Notaris R. Sudiono No 2 pada tanggal 1 Juli 1968.
Selanjutnya, Akta Notaris diperbarui dengan Notaris G. Kamarudzaman No 7 pada tanggal 6 Juni 1975 dan diperbarui lagi dengan Akta Notaris Kumalasari SH No 026 pada tanggal 24 November 1988 dan telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Malang No 88/PP / YYS/XI/1988 pada tanggal 28 November 1988.

 

Pada tahun 1968 UMM menambahkan Fakultas Kesejahteraan Sosial yang menjadi berafiliasi dengan Fakultas Kesejahteraan Sosial UMJ.
Ini menjadi fakultas keempat di UMM.

Departemen Pendidikan Islam terdaftar sebagai Fakultas Studi Islam (Fakultas Tarbiyah) yang berada di bawah perlindungan dari Departemen Agama.
Pada tahun 1970 Fakultas Tarbiyah memperoleh status yang sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dari Menteri Agama Nomor 50 Tahun Keputusan 1970.
Pada tahun yang sama Fakultas Kesejahteraan Sosial juga berubah nama menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Departemen Kesejahteraan Sosial.
Pada tahun 1975 Fakultas Ilmu Sosial resmi menjadi independen (terpisah dari UMJ) dengan Keputusan Nomor 002 A/1/1975 Terdaftar pada tanggal 16 April 1975.

Selama tahun 1977-1980 fakultas lebih banyak ditambahkan ke UMM yang termasuk: Fakultas Teknik pada tahun 1977, Fakultas Pertanian pada tahun 1980, dan Fakultas Peternakan.
Dari 1983-1993 UMM menambahkan departemen baru dan meningkatkan status yang sudah ada.
Pada tahun 1993 Universitas Muhammadiyah Malang membuka Program Pasca Sarjana seperti Master Manajemen dan Magister Sosiologi.

Sampai tahun akademik 1994/1995 Universitas Muhammadiyah Malang memiliki sembilan fakultas dan 25 departemen untuk Program Pascasarjana, Program Magister dua dan satu Program Diploma (D3-Keperawatan).
Dari 1983 sampai 1994, perkembangan yang paling signifikan terjadi.
Sejak saat itu perkembangan UMM sangat mengesankan dan termasuk meningkatkan status departemen, perbaikan administrasi, penambahan sarana dan pembesaran dan peningkatan kualitas staf administrasi dan akademik.
Pada tahun 2009 UMM menggabungkan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan-Perikanan yang menjadi Fakultas Agricomplex dalam rangka agar sesuai dengan konsorsium ilmu pertanian.

Ada tiga kampus tersedia untuk mendukung proses belajar-mengajar: Kampus I di Jl. Bandung No 1, Kampus II di Jl. Bendungan Sutami No 188a dan Kampus III di Jl. Raya Tlogo Mas.
Untuk mengembangkan kuantitas dan kualitas staf akademik dosen UMM muda yang bekerja dari berbagai universitas ternama di Jawa dan meningkatkan kualitas dosen melalui pendanaan untuk studi lanjut baik di Indonesia maupun luar negeri.

Akhirnya Universitas Muhammadiyah Malang berubah menjadi universitas pilihan bagi siswa karena kerja keras.
UMM diakui oleh Koordinator Kopertis Wilayah VII, melalui pidatonya pada Wisuda Universitas Muhammadiyah Malang pada 11 Juli 1992, bahwa UMM telah berubah menjadi sebuah universitas besar dan memiliki masa depan yang sejahtera.

Dengan terus meningkatkan Universitas Muhammadiyah Malang menjadi bangga tapi rendah hati dan siap untuk menghadapi masa depan untuk “mencerdaskan kehidupan Bangsa” – mendidik rakyat bangsa dan “membangun manusia Indonesia seutuhnya” – mengembangkan masyarakat Indonesia menjadi bermartabat dan kompatibel dengan negara lain.

Selamat Datang di “Kampus Putih” Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
UMM adalah kampus eksotis yang dibangun sekitar topografi tanah.
Tanah terkandung bukit, pohon-pohon bambu dan Sungai Brantas.
Kampus hijau, indah, indah, teduh dan nyaman untuk belajar tentu.

UMM didirikan pada tahun 1964 di Malang, Jawa Timur sekitar 98 kilometer selatan Surabaya.
Malang adalah kota berbukit dikelilingi oleh empat gunung: Panderman, Arjuno, Kawi, dan Semeru.
Menjadi 550 meter di atas permukaan laut, Malang memiliki iklim yang sejuk yang berkisar antara 23,37 0C – 30,01 0C.
Dengan kondisi Malang dikenal sebagai Kota Bunga dan Kota Pendidikan.
Banyak siswa karena kondisi dari daerah lain di Indonesia dan luar negeri memilih untuk belajar di Malang.

UMM memiliki tiga kampus di mana lokasi yang strategis dan dapat diakses melalui darat, udara atau transportasi laut.
Lebih dari 20.000 mahasiswa, baik domestik maupun asing, sedang belajar di UMM.
Mahasiswa asing kami telah datang dari negara-negara seperti: Australia, Singapura, Malaysia, Mesir, Timor Timur, Eropa, dan Amerika.

Dari segi fasilitas, UMM telah menyediakan peralatan yang diperlukan untuk mendukung siswa nyaman dengan studi mereka.
Fasilitas untuk mendukung kedua kebutuhan akademik dan non-akademik yang tersedia.
Proses belajar-mengajar dan administrasi yang didukung oleh fasilitas TIK yang memadai dan sistem manajemen informasi.
Akibatnya, proses belajar-mengajar di UMM dikenal sebagai efisien, up-to-date dan mahasiswa ramah.

1.     Vision:

To become the best university in developing the sciences and technology based on the Islamic values.

 

 

2.     Mission:

a.        To conduct quality education.

b.        To conduct research and community service to improve human welfare.

c.        To carry out trustworthy university management.

d.        To organize the academic community to live Islamic life so they can be good role models for others (uswah khasanah).

e.        To organize mutual co-operation with other parties in terms of science and technology development.

Fakultas-Fakultas

Pada awal berdiri, UMM baru membuka beberapa fakultas, yaitu fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta jurusan Ilmu Agama (Cabang dari FAIUniversitas Muhammadiyah Jakarta). Seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan zaman, maka UMM telah membuka fakultas-fakultas lain, yaitu Fakultas TeknikFakultas PertanianFakultas Peternakan dan PerikananFakultas PsikologiFakultas KedokteranFakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari D3 dan S1 Keperawatan, Farmasi serta Program Pasca Sarjana yang masing-masing mengembang beberapa jurusan.

Program Diploma 3 (D3)

Terdiri dari 3 Program Diploma, antara lain:

  • Program D-3 Keperawatan
  • Program D-3 Elektronika
  • Program D-3 Keuangan dan Perbankan

Program Sarjana (S1)

Terdiri dari 10 Program Sarjana, antara lain:

  • Fakultas Agama Islam
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Pertanian dan Peternakan
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan

Program Magister (S2)

Terdiri dari 7 Program Magister, antara lain:

  • Magister Manajemen
  • Magister Agama Islam
  • Magister Hukum
  • Magister Kebijakan Pendidikan
  • Magister Psikologi
  • Magister Sosiologi
  • Magister Agribisnis

Program Doktoral (S3)

Terdiri dari 1 Program Doktoral, antara lain:

  • Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Mahasiswa

Saat ini UMM mendidik tidak kurang dari 45.900 mahasiswa dari seluruh penjuru tanah air, mulai dari NAD hingga Papua. Jumlah tersebut termasuk mahasiswa luar negeri, yaitu dari Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Australia dan Timor Leste. Mereka mempunyai latar belakang umur, budaya, suku ras, agama, kondisi sosial dan asal SLTA yang berada. Sehingga, menampak gerbang UMM ibarat masuk ke dalam “Dunia Mini” tempat berinteraksi antar individu dan komunitas yang beragam latar belakangnya.

Dosen dan staf teknis

Di bidang akademik, UMM terus mengembangkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pendidikan, penelitian yang berstandar internasional serta didukung dosen yang qualified. Hal ini dilakukan, karena UMM telah bertekad menjadi The Real University. Saat ini, UMM mempunyai staf pengajar tidak kurang 750 orang dengan kualifikasi pendidikan hampir 80% lulusan S2, 15% S3 dan Guru Besar sedangkan sisanya masih lulusan S1 dari berbagai PT dalam dan luar negeri. Selain itu UMM juga didukung oleh ratusan staf administrasi, teknisi dan laboran yang masing-masing ahli di bidangnya. Untuk meningkatkan Skill dan kualitas SDM, UMM secara berkala mengirimkan dosen dan staf teknis ke luar negeri untuk mempelajari dan mendalami ilmu dan pengetahuan di semua bidang.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s